After A Long Time

9 Juli 2015.

Sedikit cerita tentang perjuangan masuk perguruan tinggi negeri, sekaligus sedikit cerita tentang keluargaku.

Setelah penantian selama 1 bulan, akhirnya 9 Juli datang. Pukul 17.00. Menjelang jam 5 sore, udah nervous yang nggak karu-karuan, sampe mules. Countdown di website SBMPTN juga nggak membantu sama sekali, malah bikin makin deg-degan. Dari awal udah diniatin liat pengumuman pas udah maghrib aja sekalian buka puasa.

Akhirnya jam 5 sore. Gila udah mau gelundungan rasanya. Countdown di website juga udah ilang. Sodara-sodara udah pada nelpon pada heboh nanya-nanya aku keterima apa enggak, Ibu dengan sabarnya bilang aku bukanya nanti abis maghrib wkwk. Tapi karena penasaran, aku coba buka website SBMPTN, tapi crash. Mirror link juga banyak yang nggak fungsi, pokoknya heboh deh error semua.

Di tengah-tengah kehebohan, temen aku tiba-tiba bilang ‘REK AYO DOLEEENNNN’ (trans: Temen-temen, ayo main) di WhatsApp terus pada tanya gimana tembus gak, dan temenku bilang dia lolos Hukum UB. Makin nervous lah akuuuu, tapi ikut seneng juga. Udah mikir yang aneh-aneh deh, ini gimana kalo aku ga lolos, mana mandiri mahal banget, jual diri juga ga cukup. Lol jk. Walaupun orang tua juga udah open minded dan siap siaga buat mandiri, tapi tetep aja, aku gamau nyusahin orang tua.

2 menit lagi adzan maghrib. Selama itu juga aku coba buka semua link pengumuman, gagal maning gagal maning. Di tengah-tengah kefrustasian dan maki-makian ke website SBMPTN yang ga bisa dibuka, aku denger adzan maghrib. Emang sama Allah disuruh solat dulu. Aku yang biasanya bakal ngemil banyak gorengan pas buka, ini cuma ambil pisang goreng satu sama air putih terus ngibrit wudhu dan solat maghrib.

Setelah solat, nervousnya balik lagi. Pake gemeter pegangin hape. Terus temen-temen pada bilang ‘Cek di mirrornya ugm, nggak crash, cepet.’ Aku akhirnya buka lewat link mirror ugm, dan jeng jeng jeng! Keluarlah tempat buat masukin nomer peserta dan tanggal lahir. Gemeter lagi. Ibu di sebelahku juga udah harap-harap cemas. Habis aku masukin nomer dan tanggal lahir, browserku ngeload tuh, layarnya ku tutupin, gamau liat pokoknya gamau. Terusnya hasilnya keluar. Udah mau maki-maki orang rasanya.

Terus

Terus

Terus

Aku buka tanganku, liat layar hapeku.

image

DETIK ITU JUGA AKU SAMA IBU PELUKAN. Udah kaya teletubbies. Terus nangis bareng, yaAllah sumpah rasanya lega banget. Pelukan sama Ibu sekitar 3 menitan sambil nangis-nangis seneng banget, antara percaya nggak percaya. Sekarang kalo mikir aku sama Ibu pelukan nangis-nangis gitu sinetron banget wkwk. Ayah juga habis solat langsung tanya ‘Gimana?’ aku jawab Akuntansi UB. Ayah langsung senyum yang lebar banget. Adik tanya Ibu kenapa nangis, Ibu jawab ‘Ya seneng, Mbak Ana keterima, dapet kuliahan, kasian sama Mbak Ana udah capek-capek belajarnya.’ Beneran, that is the best feeling ever. Ibu langsung ngabarin keluarga kalo aku keterima Akuntansi UB. Se-rumah seneng banget. Kalo inget perjuangan les SBMPTN yang tiap hari sampe malem, ikut tryout-tryout padahal itu weekend, jungkir balik belajar karena materi SBMPTN itu banyak dan susah banget sampe mau stres dan semua kebayar sama senyum Ayah Ibu itu luar biasa. Selain itu aku juga nggak membebani dengan uang yang semahal jalur mandiri. Seneng banget bisa bahagiain orang tua, setidaknya ini balasan pertamaku buat mereka yang udah biayain aku SMA 3 taun, biayain les-les, segala macem. I really want to make their smiles brighter in the future. Semoga di masa depan masih banyak balasan-balasan lainnya yang lebih hebat buat orang tua. Terima kasih, Ibu Ayah, atas doanya, atas segala waktu yang sudah kau luangkan untuk menemani anakmu saat SNMPTN menolakku. Terima kasih, yaAllah, telah menjawab segala permintaanku, tidak peduli seberapa banyak dosa yang ku perbuat. See you in Brawijaya!😊😊😊

Leave a Reply

