MLAKU-MLAKU, DAB: JOGJA!

HAI! It’s been 2 months since my last post, kangen!

MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN. Walaupun ini udah lewat satu bulan lebih, nggak papa, yang penting niatnya. How’s your Idul Fitri? Menyenangkan, kah? Atau gitu-gitu aja? THRnya aman kan? Damn, aku udah nggak dapet THR.

Setelah menyelesaikan semester 2 yang rasanya nggak selesai-selesai, akhirnya liburan 3 bulanku dataaang walaupun sedikit meleset dari ekspektasi.

Ekspektasi: Jalan-jalan ke alam, ke mall, buang-buang duit karena dapet THR banyak, wishlist skincare dan makeupku terpenuhi, nonton iKON, hura hura 24/7 kayak tagline delivery mekdi.

Realita: Nganggur, nganggur, dan nganggur, dan ga dapet THR, ga punya duit, kampret.

TAPI ALHAMDULILLAH, setelah mengumpulkan sisa-sisa uang aku bisa jalan-jalan sedikit dan tujuanku adalah salah satu kota yang ga akan bosen aku kunjungin: Jogja! Dan pas mbakku yang di Solo udah wisuda jadi bisa diajakin dan dapet tumpangan di kos temennya.

Dengan modal dompet tipis dan nekat dan jiwa numpang dan tekad untuk eksplor Jogja, kita berangkat dari Solo Balapan naik Prameks. Ugh, I love train so much. Naik kereta itu nagih. DAN WOY INI YANG BIKIN RUTE SOLO-JOGJA JENIUS BANGET SIH, cuma satu jam naik Prameks dan harga tiketnya 8000 rupiah, cinta banget! Kalo naik mobil bisa 3 jam sendiri, selak tepos bokong e. Let’s explore Jogja!

Day 1:

Sampek di Stasiun Tugu aku langsung ambil motor yang udah aku sewa. Motor yang disewa Honda Beat yang injeksi yang baru lah pokoknya, seharinya 70.000 rupiah dan sangaaat worth it karena sama mas penyewanya udah dipenuhin bensinnya, dapet 2 helm dan GA BAU, dapet 2 jas hujan yang tebel, bukan jas hujan kresek, asique ngedh wes ntap. Karena udah sore, kita cuma jalan-jalan ke Plaza Ambarrukmo. Beli chatime. Udah.

GAADA DUIT WOY.

Terus kita memutuskan buat ke kos aja, capek. Kos temen mbakku di daerah UMY dan kampretnya gelap banget, mau nangis. Kita nyari kosnya 2 jam, muter-muter, udah nanya sana sini sampe nemu kuburan, gila. Aku yang nyetir motornya udah breakdown mau nangis kejer di tempat karena capek campur frustasi campur takut campur laper, gak karu-karuan, sampe ngajak mbakku balik ke Malioboro aja cari hotel disana. Tapi mbakku dengan baik hatinya bilang

Gapapa dek, jangan nangis, muter sekali lagi

Mau misuh rasanya. Seharusnya ada orang yang mau nunjukin kos-kosannya dan kita udah janjian habis maghrib di gang masuk UMY, tapi orangnya ditelpon nggak bisa, dibbm nggak bisa. Mau misuh rasanya (2). Dengan berbekal dzikir dan tanya ke orang-orang, kita akhirnya nemu kos-kosannya, gila, langsung pengen sujud syukur di tempat. Pas kita udah masuk kamar dan tidur-tiduran, orang yang harusnya jadi penunjuk jalan baru telpon balik bilang kalo dia tiba-tiba ada acara. Mau misuh rasanya (3) MBOK YO NGOMONG KET AWAL.

Udahlah ga punya tenaga lagi buat marah-marah, akhirnya kita tidur karena mau berangkat pagi besoknya, dan udah berniat pindah nginep, hamdalahnya kita dibolehin numpang di rumah saudara temennya mbakku, tapi ini beda orang, yang ini asli Jogja. Bodo amat ga kenal yang penting numpang.

Day 2:

KITA BANGUN JAM 4 PAGI karena tujuan kita ke alam, tepatnya ke Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus, semuanya di Imogiri. Eh ternyata, pintu kos belum dibuka, akhirnya kita nunggu sampe jam 5 dan pasrah kalo ga dapet sunrise di Kebun Buah Mangunan. Jam setengah 6 pagi kita mulai otw ke Imogiri dan tujuan pertama adalah Kebun Buah Mangunan.

Asli, jalan ke Imogiri mulus banget! Cuma naik turun menggok-menggok aja, tipikal jalan gunung, tapi mulus, jarang ada lubang. Ke Kebun Buah Mangunannya juga enak banget jalannya, cuma rada nanjak aja pas masuk tapi motor matic masih lolos kok. Harga tiket masuknya cuma 5000 rupiah. Jarak dari parkiran dan panorama juga deket banget, ga pake hiking, ga pake skill nanjak gunung, sangat pas buat anak malas gerak sepertiku.

Sampek di Kebun Buah Mangunan, pemandangan yang kita dapetin adalah:

image1
Kebun Buah Mangunan 1 (no edit)
image3
Kebun Buah Mangunan 2 (no edit)
image6
HARAM HUKUMNYA NGGAK SELFIE DISINI

SUBHANALLAH. INI AKU DI SURGA APAYA.

BAGUS BANGET ASLI GA NGERTI LAGI.

BARU TAU DI JOGJA ADA TEMPAT SEBAGUS INI.

Bener-bener speechless, aku bener-bener cuma bisa diem sambil dzikir dalem hati. Allah tuh emang Maha Baik. Bisa-bisanya itu awan-awan nangkring effortlessly di antara bukit-bukit, kayak sungai awan. Padahal aku sampe sana jam 7 pagi, aku kira awannya udah ilang, tapi masih! Tebel banget sumpah gemes rasanya mau terjun keliatan empuk banget soalnya.

image7
BONUS BIAR KALIAN PUAS!

Setelah puas di Kebun Buah Mangunan, kita ke Hutan Pinus. Ini……biasa aja sih, dan ga sempet foto huhu karena hpku mati, maafkan.

Karena mbakku harus balik ke Solo jam 1 siang, kita akhirnya balik ke kota. Karena kita bingung mau kemana, akhirnya ke Tempo Gelato. Gelato yang lagi hits banget di Jogja itu. Ga sempet foto banyak-banyak juga karena kita ga dapet tempat duduk yang pas dan enak, tapi beneran tempatnya cozy banget, mungkin karena jendelanya besar-besar jadi kesannya nggak sumpek. Harga conenya 25.000 rupiah aja dan bisa milih 2 rasa, kalo mau pake cup juga bisa kok. Rasanya enaaak! Kenyang banget makan ini. Aku pilih chocolate mint dan coffee waktu itu, huhu enaak mau lagi! T_T

image8
MANTAP JIWA

Dan, yah, habis ngantar mbakku ke stasiun, hari itu aku akhiri dengan istirahat di rumah tumpanganku yang ke dua hehe. Capek banget dan langsung nggeblak. Bye!

Last Day:

Pulang. Huhu sedih. Keretaku Malioboro Ekspres jam setengah 8 ke Malang. Jam setengah 6 pagi aku diantar ke Pintu Mangkubumi terus cetak boarding pass. Boarding passnya sekarang cuma kertas tipis warna oren gitu huhu padahal aku cinta mati sama tiket kereta api lama yang warna biru itu (I LOVE EVERY SINGLE THING ABOUT TRAIN). See you next time, Jogja!

As usual,

Thanks to:

  • Allah SWT. Yang sudah menciptakan pemandangan sebegitu indahnya, sudah menciptakan Jogja sebegitu ngangeninnya. Yang sudah ngasih Yulik kesehatan dan keselamatan sehingga Yulik bisa jalan-jalan di Jogja dan balik ke Malang dengan selamat tanpa kurang suatu apapun.
  • Kereta Api Indonesia. Tanpamu, aku butiran debu. Semakin mantap ya, kalo bisa Malang-Surabaya jadi satu jam juga kayak Solo-Jogja hehe.
  • Mbak Iga. Partner nge-Jogjaku kali ini! Walaupun sibuk nyari kerja sana sini, tapi masih mau nemenin adeknya ini hehe thank uuuuu I love you so much, sis! Cepet dapet kerja ya, kudoakan yang terbaik selalu :*
  • Mbak Novita. Baik banget, asli padahal baru kenal! Jadi tour guide kita selama di Jogja, mau nampung anak kurang duit ini di rumahnya, mau nganterin aku ke stasiun pagi-pagi, bahkan beliin aku makan huhu makasih banget, Mbak Nov! Kalo ke Malang kabar-kabar aja, nanti gantian aku yang nampungin Mbak Nov hehe.

ALL PICTURES ARE TAKEN BY ME SO PLEASE PUT CREDIT (helloyul(dot)wordpress(dot)com) IF YOU WANT TO USE IT.

ALL PICTURES ARE TAKEN BY IPHONE 5 AND SOME OF THEM ARE EDITED WITH VSCOCAM.

PLEASE BE NOTED, THANK YOU 🙂 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s