A Change

Entah karena mendekati tanggal PMS atau memang hari itu aku lebih sensitif, ada sesuatu yang mengganggu ketika seorang teman dengan santainya bertanya:

Kamu ga pingin kurus? Ga pingin diet gitu? Diet gitulo.

Yang langsung kujawab tegas, “Nggak.”

Jawaban self-defense, nggak tulus dari hati.

Kenapa sih masih ada orang yang menilai fisik? Toh aku nggak segendut itu juga untuk ngehalangin pandangan orang. Meskipun aku juga segendut itu terus orang bisa nyuruh diet seenaknya?

Oh, c’mon!

Nggak ada orang yang benar-benar pingin gendut, banyak faktor mempengaruhi bentuk tubuh. Diet juga nggak semuanya berhasil, walaupun sebenarnya terletak dari niat dan motivasi masing-masing. Di luar sana masih ada orang yang diet mati-matian tapi tubuhnya tetap.

Diet tidak se-simpel itu.

It requires a lot of efforts and motivation. Bahkan banyak orang rela mengambil jalan pintas seperti minum produk herbal atau susu pelangsing atau bahkan sedot lemak. Disiplin juga harus dijunjung tinggi. Beberapa orang bahkan nggak makan karbohidrat, nge-gym 5x seminggu. Nyiksa.

Coba dipikir-pikir lagi kalau mau nyuruh orang lain diet, emang situ sanggup?

Kalau memang untuk kebaikan misalnya teman sudah obesitas atau sudah sampai kena diabetes, then tell them in a gentle way. Pilih kata-kata dan intonasi yang tepat, yang men-encourage, yang tidak membuat mereka minder.

Then, kalau aku memutuskan untuk diet, apa karena aku terpengaruh pertanyaan teman tadi?

Ora sudi.

I make sure, every change that I do, is a decision I made by myself and for myself, no one involves.

Jadi, jika suatu saat kalian lihat aku kurus, bukan karena aku membahagiakan orang lain atau mencoba memenuhi ekspektasi seseorang, tapi karena aku ingin dan usaha.

Dan jika suatu saat kalian lihat aku semakin gendut, bukan karena aku mengecewakan atau berniat menghalangi pandangan orang lain, tapi karena aku ingin dan bangga, as long as aku sehat wal-afiat.

 

For you gurls, yang sedang diet, mari berjuang bersama dan saling menguatkan.

For you gurls, yang bertubuh gendut, it’s okay, everything is really okay, as long as you’re healthy, everything doesn’t matter anymore.

For you gurls, yang bertubuh kurus, stop saying “Aku gendut banget!” di depan orang bertubuh gendut, stay healthy, dan saling menyemangati.

 

Warm regards,

 

Y

Leave a Reply

